Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 4 (2021): October-December

Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Menggunakan Media Buku Teks Berbasis Pendidikan Karakter

Agus Darmuki (IKIP PGRI Bojonegoro)
Nur Alfin Hidayati (IKIP PGRI Bojonegoro)
Amelia Ayu Ningsih (IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai hasil belajar mata kuliah strategi pembelajaran pada mahasiswa semester 4 Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata kuliah strategi pembelajaran menggunakan media buku teks berbasis pendidikan karakter pada mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2021/2022. Jenis penelitian ini, penelitian tindakan kelas melalui tindakan 2 siklus, dengan rincian masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini mahasiswa semester 4 yang mengambil mata kuliah strategi pembelajaran di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro dengan jumlah 30 mahasiswa. Objek penelitian ini berupa proses pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran di kelas. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari prasiklus sebesar 46,6 % ketuntasan (14 orang) meningkat pada siklus 1 sebesar 70% ketuntasan (21 orang), dan meningkat lagi pada siklus 2 sebesar 96,6% ketuntasan (29 orang). Simpulan penelitian ini bahwa menggunakan media buku teks berbasis pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah strategi pembelajaran pada mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...