JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 2, No 2 (2016)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA

Annisa Prima Exacta (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Isna Farahsanti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar matematika dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata kuliah kalkulus lanjut. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV kelas C program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Tahun Akademik 2015/2016 yang terdiri dari 33 mahasiswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari minat belajar mahasiswa dan proses pembelajaran dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data pada siklus I dan siklus II terdapat peningkatan minat sebesar 21,05% dan pemahaman sebesar11,11%. Kesimpulannya adalah implementasi model pembelajaran NHT dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman mahasiswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...