Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya inovasi baru berupa media pembelajaran yang tepat untuk proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Penelitian ini dilakukan dikarenakan masih banyaknya peserta didik kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Tata Kecantikan 2 di SMKN 6 Padang. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial rias karakter tiga dimensi luka bakar yang valid dan praktis. Uji kevalidan media dan materi diperoleh dari lembar validasi berdasarkan para ahli. Uji praktikalitas diperoleh oleh instrumen penelitian berdasarkan respon guru dan siswa. Hasil penilaian validasi media sebesar 0,92 dengan kategori sangat valid dan validasi materi 0,81 dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas diperoleh dari respon guru sebesar 83,7% dengan kategori sangat praktis dan respon siswa 91,3% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan dari hasil penilaian secara keseluruhan media video pembelajaran rias karakter tiga dimensi luka bakar dikategorikan sangat valid dan praktis. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2021