JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Tindak Tutur Ilokusi Pada Ceramah Ustaz Abdul Somad Edisi Ramadan dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Teks Ceramah di Kelas XI SMA Tahun Ajaran 2021/2022

Dewi, Karwila (Unknown)
Supriadi, Oding (Unknown)
Rosalina , Sinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi pada ceramah Ustaz Abdul Somad edisi Ramadan dan pemanfaatan hasil bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi sebagai bahan ajar dalam menganalisis isi, struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah di kelas XI SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang diperlukan pada penelitian ini yaitu tuturan pada ceramah Ustaz Abdul Somad edisi Ramadan yang berjudul target-target di bulan Ramadan, dan lima amalan diakhir Ramadan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu teknik simak dan catat. Analisis data dengan metode Miles dan Huberman yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi yang terdapat pada ceramah Ustaz Abdul Somad edisi Ramadan yang berjudul target-target di bulan Ramadan, dan lima amalan diakhir Ramadan menunjukkan adanya bentuk dan fungsi representatif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklarasi. Pemanfaatan hasil bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi sebagai bahan ajar dalam menganalisis isi, struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah di kelas XI SMA. Bahan ajar yang dibuat berupa handout berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam silabus 2013. Kesimpulannya terdapat bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi pada ceramah Ustaz Abdul Somad dapat menjadi bahan ajar teks ceramah di SMA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...