JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Melalui Permainan Tradisional Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Ladang Panjang Kabupaten Merangin

Karmila, Desi (Unknown)
Suryana, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangin bahwa pentingnya stimulasi perkembangan  bahasa anak  melalui permainan  tradisional pada usia 4-5 tahun. Permainan tradisional adalah suatu warisa leluhur yang sangat perlu dijaga dan dilestarikan, dalam permainan tradisionala ini memberikan manfaat bagi perkembangan anak mulai dari aspek perkembangan nilai agama moral, kongnitif, bahasa, sosial emosional,  fisik, dan seni.  Tetapi yang menjadi masalah  sejak munculnya berbagai permainan modern yang sangat menarik minat anak, seperti gadget dan game lainnya sehingga membuat anak teralu  asyik bermain di dunia maya secara individu, anak mengalami keterlambatan berbicara,  kurangnyaa interaksi sosial. Dengan anak bermain gadget sehingga tidak memberi kesempatan bagi anak untuk bersosialisasi. Jadi  untuk permainan modern seperti ini yang dipengaruhi oleh gadget tidak baik untuk perkembangan anak terutama pada perkembangan bahasa.  Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk memberikan Stimulasi Perkemabangan  Bahasa Anak Melalui Permainan Tradisional  Usia 4-5 Tahu di Tk Pertiwi III Ladang Panjang  Di Kabupaten Merangin. Penelitian  Ini merupakan  penelitian kualitatif  deskriptif,  yang melibatkan  5 orang guru dan anak-anak di Tk Pertiwi III Ladang Panjang untuk dapat menstimulus perkembangan bahasa anak. Pengumpulan data dilakukan dengan  wawancara, observasi, dokumentasi.  Dari hasil penelitian serta pengamatan langsung bahwa dengan menggunakan metode permainan tradisional menggunakan  telepon kaleng mampu mengembangkan bahasa pada anak serta memberikan suasana lebih menyenangkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...