JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Penerapan Prototipe Pengembangan Model E-Cooperative Integrated Reading Composition (E-CIRC) untuk Meningkatkan Kecakapan Membaca Matakuliah Bahasa Indonesia

Hariyati, Nuria Reny (Unknown)
Sudikan, Setya Yuwono (Unknown)
Subandiyah, Heny (Unknown)
Roni, Roni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Kecakapan membaca secara integratif merupakan hal yang krusial bagi mahasiswa kefarmasian di era industri 5.0 sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan kecakapan tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Urgensi penelitian ini adalah untuk mengukur keefektivan prototipe pengembangan model E-Cooperative Integrated Reading Composition (E-CIRC) sebagai penunjang peningkatan kecakapan membaca. Penelitian ini dilaksanakan untuk menguji coba kefektifan model E-Cooperative Integrated Reading Composition (E-CIRC) dalam pembelajaran membaca. Model Cooperative Integrated Reading Composition (E-CIRC) memiliki delapan tahap, yaitu (1) E-teams; (2) E-placement test; (3) E-students creative; (4) E-teams study; (5) E-tim scorer and team recognition; (6) E-teaching group; (7) E-fact test; dan (8) E-whole-class unit. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuasi eksperimen dengan memakai kelas matakuliah Bahasa Indonesia yang terjadwal di Akademi Farmasi Surabaya. Variabel bebas penelitian ini prototipe model pembelajaran E-Cooperative Integrated Reading Composition (E-CIRC). Variabel terikat penelitian ini peningkatan kecakapan membaca. Sampel penelitian ini adalah 44 mahasiswa Akademi Farmasi Surabaya kelas B2-21. Instrumen data penelitian ini meliputi (1) angket dan (2) skor tes. Teknik analisis data penelitian ini memakai teknik analisis data kualitatif (skala Likert) dan kuantitatif (pre tes, treatment, pos tes, uji ANOVA menggunakan SPSS 24 for Windows dengan dasar pengambilan keputusan menggunakan taraf signifikansi < 0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...