JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengembangan Sumber Belajar Video untuk Pelestarian Bahasa Sasak Halus

Anwar, Zul (Unknown)
Ikawati, Hastuti Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2022

Abstract

Ketersediaan sumber belajar merupakan salah satu faktor utama penentu mencapai tujuan pembelajaran. Berbagai jenis sumber belajar dapat dikembangkan dan dimanfaatkan seperti video pembelajaran (video based learning). Sumber belajar yang dikembangkan ditujukan untuk mata pelajaran muatan lokal sekolah dasar di Kabupaten Lombok Tengah. Untuk menghasilkan prototype sumber belajar, ditempuh pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengaplikasi metode penelitian kualitatif deskriptif, pengembangan, eksperimen dan evaluasi. Artikel ini secara khusus ditujukan mendeskripsikan hasil penelitian awal dari sepuluh langkah penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yaitu melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dengan paradigma penelitian kepustakaan (library research) yang dioperasionalkan dengan metode pengembangan. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa bahasa sasak halus perlu dilestarikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...