JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Kesesuaian antara Gaya Belajar Siswa dengan Metode Mengajar Guru dalam Pembelajaran Matematika Materi Menentukan Lama Waktu Suatu Kejadian Berlangsung pada Kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri

Yuniantoro, Irwan Prastian (Unknown)
Santi, Novi Nitya (Unknown)
Damayanti, Susi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gaya belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung pada kelas III SDN Gayam 3 Kota kediri; 2) mengetahui kegiatan pembelajaran matematika tentang materi menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung pada siswa kelas III SDN Gayam 3 kota kediri; dan 3) mengetahui adakah kesesuaian antara metode mengajar guru dengan gaya belajar siswa kelas III SDN Gayam 3 kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa Kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengembangkan instrumen kuesioner atau angket. Data penelitian dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Gaya belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung pada kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri, bahwa mayoritas adalah gaya belajar visual pada kategori cukup terdapat 21 (75%), gaya belajar auditori pada kategori kurang terdapat 4 (14%) dan gaya belajar kenestetik pada kategori kurang terdapat 3 (11%). 2) Kegiatan pembelajaran matematika tentang materi menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung pada siswa kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri, bahwa metode mengajar visual pada kategori cukup skor 26, sedangkan yang kedua adalah metode mengajar auditori, dan metode mengajar kinestetik pada kategori kurang skor 22. Dengan demikian bahwa metode mengajar adalah metode mengajar visual. 3) Kesesuaian antara metode mengajar guru dengan gaya belajar siswa kelas III SDN Gayam 3 kota Kediri, terdapat kesesuaian dengan metode mengajar guru dengan gaya mengajar siswa mayoritas menggunakan gaya belajar visual sehingga terjadi keselarasan antara metode mengajar guru dengan gaya belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...