JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Peningkatan Kesadaran Masyarakat Melawan Covid-19 di Lingkungan IV Kelurahan Payah Pasir Kecamatan Medan Marelan

Syahputra, Naldi (Unknown)
Novia, Putri Rahma (Unknown)
Purnama, Retno Ayu (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Suendri, Suendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2022

Abstract

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis coronavirus. Penderita Covid-19 dapat mengalami demam, batuk kering, kesulitan bernapas serta sakit tenggorokan, pilek, atau bersin-bersin. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan, yang bisa berujung pada kematian. Infeksi menyebar melalui percikan dari saluran pernapasan yang dihasilkan saat batuk atau bersin. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan program kuliah kerja nyata yang langsung berinteraksi dengan masyarakat tersebut maka diperolehlah hasil kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya COVID-19 di lingkungan tersebut terutama dalam aspek kesehatan, perekonomian, dan pendidikan. Pertama, dari aspek kesehatan, masyarakat yang berada di lingkungan tersebut lebih dominan lansia yang lebih rentan terkena virus COVID-19. Kedua, dari aspek ekonomi, pandemi COVID-19 telah memukul situasi ekonomi dan meningkatkan tingkat pengangguran serta pekerja informal di lingkungan tersebut. Ketiga, dari aspek pendidikan, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online yang tidak berjalan lancar karena jaringan profider yang tidak memadai. Dalam artikel ini, kami mahasiswa Fakultas Sains & Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang tergabung dalam KKN-DR Kelompok 06 UINSU 2021 bertanggung jawab atas program kerja yang telah kami terapkan di lingkungan IV kelurahan payah pasir kecamatan medan marelan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melawan COVID-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...