Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil berupa observasi di salah satu sekolah dasar yang diketahui bahwa kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga pemahaman pada materi matematika sifat-sifat bangun datar kurang dipahami. Maka perlu adanya media edukatif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan menggunakan media Snake pouch pada mata pelajaran matematika di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang meliputi: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek yang dilakukan penelitian adalah siswa kelas III sekolah dasar dengan 15 siswa. Penelitian ini menghasilkan media Snake Pouch, pada kevalidan dibuktikan oleh ahli materi diperoleh hasil rata-rata 84 (dikategorikan sangat valid) dan ahli media diperoleh hasil rata-rata 88 (dikategorikan sangat valid), respon guru diperoleh hasil rata-rata 92 (dikategorikan sangat praktis) dan respon siswa diperoleh hasil rata-rata 94 (dikategorikan sangat praktis). Untuk ketuntasan klaksikan diperoleh hasil rata-rata 81.
Copyrights © 2022