Dalam pembelajaran bahasa Indonesia guru dapat menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Bahan ajar untuk siswa kelas II SD diharapkan bergambar sehingga membuat siswa tertarik. Namun, berdasarkan hasil observasi di kelas II SDN Sumberbendo II dalam proses pembelajaran, guru menggunakan bahan ajar yang lebih banyak narasi dibandingkan gambar-gambar. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, respon guru, dan keefektifan buku bergambar. Model yang digunakan adalah model Borg & Gall. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu: 1) buku bergambar dinyatakan sangat valid diperoleh dari ahli konstruksi 95,55%, validitas materi 92,5%, dan validitas soal evaluasi 98%; 2) buku bergambar dinyatakan baik diperoleh dari angket respon guru sebesar 86%; dan 3) buku bergambar dinyatakan efektif dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 100%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa buku bergambar pada materi dongeng binatang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar.
Copyrights © 2022