Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student team achievement devision dengan media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV SDN Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pengampon yang berjumlah 24 siswa, dengan sampel terdiri dari 12 siswa kelompok kontrol dan 12 siswa kelompok eksperimen. Intrumen penelitian ini menggunakan tes dengan 20 soal uraian. Analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjuukakan bahwa ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan media konkret dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional tanpa media terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV SDN Pengampon, dengan keunggulan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan media konkret
Copyrights © 2022