Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Materi Geometri Kelas VII SMP Kota Pekanbaru

Widya Shintya Dewi (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Penerapan pembelajaran daring membuat siswa mengalami kesulitan dalam melakukan pembelajaran matematika terutama pada materi geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa selama pembelajaran daring berlangsung pada materi geometri kelas VII siswa SMP/MTs. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengisi angket yang telah disediakan menggunakan aplikasi google form. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu didapatkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika pada materi geometri saat pembelajaran daring berlangsung dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Upaya yang dapat ditawarkan untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa ini dapat berupa, (a) guru dapat memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menambah minat siswa dalam belajar, (b) memperbanyak latihan soal yang berkaitan dengan materi yang dipelajari, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...