Artikel ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kearifan lokal berupa kesenian wayang mampu berkontribusi dalam pembelajaran melalui Role Playing model Sosio Drama di kelas. Inisiasi ini dilakukan agar siswa mampu berkontri- busi secara langsung melalu drama pementasan di sekolah. Dengan harapan untuk meingkatkan kesadaran yang terkan- dung dalam wayang memiliki berbagai muatan nilai-nilai ke- hidupan. Penelitian dilakukan secara kualitatif dan model pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka/ kajian literatur. Metode ini memungkinkan peneliti melakukan telaah litera- ture yang sesuai dengan tema penelitian, baik melalui buku maupun dari artikel jurnal dan website internet. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran materi sosiologi me- lalui media wayang menggunakan Sosiodrama mampu mem- berikan warna alternatif sebagai pelestarian seni Wayang. Selain wayang digunakan sebagai seni pertunjukan dalam menginternalisasi pesan pengetahuan kepada masyarakat, penggunaan sosiodrama memungkinkan siswa terlibat secara aktif melalui peran yang dimainkan. Sehingga harapanya siswa bisa menggunakan nilai-nilai yang terkan- dung dalam pewayanagn sebagai rujukan alternatif dalam kehidupan.
Copyrights © 2020