Sosietas : jurnal pendidikan sosiologi
Vol 10, No 1 (2020): Sosietas : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Pendidikan Responsif Budaya sebagai Upaya Menciptakan Pendidikan Multikultural

Pebriansyah, Bz. Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana praktik diskriminasi yang terjadi di Indonesia terutama di bidang pendidikan. Hal itu dapat dibuktikan bahwa pada tahun 2014-2015 tercatat ada 175 berkas pengaduan pelanggaran HAM terhadap hak atas pendidikan, bahkan beberapa waktu lalu kasus pelanggaran HAM di dunia pendidikan di Indonesia masih terjadi. Pelanggaran tersebut meliputi deskriminasi ras, penjatuhan sanksi yanhg sewenang-wenang, perlakuan deskriminasi terhadap korban pemerkosaan, tindak kekera- san di lingkungan sekolah dan lain sebagainya. Melalui pen- dekatan etnopedagogi yang melihat pengetahuan lokal se- bagai sumber inovasi dan keterampilan yang dapat diberdayakan, diharapkan dapat mengurangi bentuk dis- kriminasi yang terjadi di sekolah. Untuk itu, sangat penting bagi guru memiliki kepekaan terhadap keragaman budaya siswa mereka agar menjadi kelas yang efektif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sosietas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

The objective of SOSIETAS is to publish outstanding and original articles which advance the theoretical understanding of and promote and report empirical research about the widest range of sociological topics. The journal encourages, and welcomes, submission of papers which report findings using ...