Bulletin of Information Technology (BIT)
Vol 2 No 2: Juli 2021

APLIKASI PENCARIAN BUDIDAYA TANAMAN DENGAN TEKNIK AEROPONIK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA CROCHEMORE-PERRIN (STUDI KASUS: DINAS PERTANIAN KOTA MEDAN)

Sumiati Hutauru (Universitas Budi Darma)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Cara menanam tanaman telah banyak mengalami kemajuan, seiring ditemukannya inovasi dan teknolog ibaru di bidang pertanian pada saatini. Salah satunya adalah teknik aeroponik, arti aeroponik adalah cara bercocoktanam di udara dimana akar tanamannya menggantung di udara tanpa media (misalkantanah), dan kebutuhan nutrisinya dipenuhi dengan cara spraying keakarnya. Teknik ini sangat menguntungkan karena selain tidak membutuhkan lahan yang luas seperti pertanian pada umumnya alat yang digunakan juga dapat dibuat dari barang bekas dan tidak membutuhkan tanah. Dinas Pertanian Kota Medan sebagai penyelenggara urusan pemerintah dan pelayanan umum dibidang pertanian belum memperkenalkan pembudidayaan tanaman dengan teknik aeroponik kepada masyarakat luas, padahal budidaya dengan teknik aeroponik memberikan banyakmanfaat, informasi mengenai budidaya tanaman dengan teknik aeroponik kebanyakan berasal dari buku, tentu hal ini sangat menyulitkan. Dinas Pertanian Kota Medan seharusnya memberikan informasi atau penyuluhan tentang cara budidaya tanaman dengan teknik aeroponik karena dapat menghasilkankan produksi yang lebih tinggi sehingga menguntungkan masyarakat. Penyuluhan akan lebih mudah jika dilakukan dengan media yang dapat diakses dengan mudah. Aplikasi dirancang menggunakan Algoritma Crochemore-Perrin, Algoritma ini melakukan dua jenis pencarian, yang pertama adalah mencari bagian kanan pola dari kiri kekanan, dan jika tidak ada ketidak cocokan, pencarian dilanjutkan dengan bagian kiri. Dengan menggunakan algoritma Crochemore-Perrin, pencarian cara budidaya tanaman dengan teknik aeroponik akan dilakukan dengan cara memasukkan nama tanaman kedalam kotak pencarian, jika data tanaman ditemukan, akan muncul cara budidaya tanaman dengan teknik aeroponik yang dimaksud.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BIT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Bulletin of Information Technology (BIT) memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual bidang teknik informatika, ilmu komputer dan sistem informasi. Topik utama yang diterbitkan mencakup:berisi kajian ilmiah informatika tentang : Sistem Pendukung Keputusan Sistem Pakar Sistem ...