JETI
Vol 1 No 1 (2018)

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Seni Budaya Pokok Bahasan Menggambar Desain Ragam Hias Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017

Imam Syafi’i (IKIP PGRI Jember)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Hasil belajar Seni Budaya Pokok Bahasan Menggambar Desain Ragam Hias. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah media pembelajaran berbasis video tutorial dapat mempengaruhi motivasi belajar pada mata pelajaran seni budaya pokok bahasan menggambar desain ragam hias siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2016-2017?, 2) Apakah media pembelajaran berbasis video tutorial dapat mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran seni budaya pokok bahasan menggambar desain ragam hias siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2016-2017?, dan 3) Apakah ada pengaruh media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar secara bersama-sama mata pelajaran seni budaya pokok bahasan menggambar desain ragam hias siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2016-2017?, Tujuan: 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap motivasi belajar terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran seni budaya pokok bahasan menggambar desain ragam hias siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2016-2017. 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran seni budaya pokok bahasan menggambar desain ragam hias siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2016-2017. 3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar secara bersama-sama pada mata pelajaran seni budaya pokok bahasan menggambar desain ragam hias siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso semester ganjil tahun pelajaran 2016-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variabel pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap motivasi belajar siswa 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, berarti media pembelajaran berbasis video tutorial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, 2) nilai sig. dari variabel media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap hasil belajar adalah 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, ini berarti media pembelajaran berbasis video tutorial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, 3) hasil output analisis regresi diperoleh Fhitung 53,183 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka ada pengaruh secara bersama-sama media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar. Saran yang diajukan agar para guru memperhatikan media pembelajaran berbasis video tutorial untuk mencapai motivasi dan hasil belajar lebih baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JETI specifically emphasizes research in educational practice and scholastic reality in schools up to university level. JETI may be directly concerned with science education, but also welcomes manuscripts in the field of interdisciplinary research, the journal focuses on. 1. Character Education 2. ...