JETI
Vol 1 No 1 (2018)

PERBANDINGAN PENGARUH METODE FIELDTRIP, METODE DISKUSI DAN PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA ASING ASAL THAILAND DI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Miftahul hakim (IKIP PGRI Jember)
Maryono Maryono (IKIP PGRI Jember)
Rudi Sumiharsono (IKIP PGRI Jember)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan metode fieldtrip dan pemberian motivasi belajar terhadap kemampuan menulis mahasiswa asing asal Thailand di Universitas Islam Jember. 2) pengaruh penggunaan metode diskusi dan pemberian motivasi terhadap kemampuan menulis kemampuan menulis mahasiswa asing asal Thailand di Universitas Islam Jember.3) perbandingan pengaruh metode fild trip dengan metode diskusi terhadap kemampuan menulis mahasiswa asing asal Thailand di Universitas Islam Jember Metode penelitian yang digunakan adalah metode komporatif eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan bulan 1 Maret 2017 sampai dengan 30 Juli 2017. Penentuan daerah penelitian menggunakan porposive sample yaitu di Universitas Islam Jember, penentuan sampling penelitian menggunakan population research, sedangkan jumlah populasi berjumlah 30 mahasiswa dengan sampel 30 mahasiswa yang terdiri dari 14 laki dan 16 mahasiswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa tes, angket/kuesioner, wawancara dan obsevasi, Instrumen Penelitian dengan menggunakan tes kemampuan menulis berbentuk pilihan urain 20 item soal, metode analisa datanya terdiri dari Uji intrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas dilanjutkan dengan uji prasarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas untuk uji hipotesis menggunakan uji analisi regresi linier berganda. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode field Trip dan pemberian motivasi terhadap kemampuan menulis mahasiswa asing asal Thailand di Univeristas Islam Jember (2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi dan pemberian motivasi terhadap kemampuan menulis mahasiswa asing asal Thailand di Univeristas Islam Jember (3) ada perbedaan kemampuan menulis mahasiswa yang signifikan antara yang menggunakan metode field trip dan pemberian motivasi belajar dengan menggunakan metode diskusi dan pemberian motivasi belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JETI specifically emphasizes research in educational practice and scholastic reality in schools up to university level. JETI may be directly concerned with science education, but also welcomes manuscripts in the field of interdisciplinary research, the journal focuses on. 1. Character Education 2. ...