JETI
Vol 1 No 2 (2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DAN BUKU TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018-2019 DI MI NEGERI 2 JEMBER

Eko Iswanto (IKIP PGRI Jember)
Rudy Sumiharsono (IKIP PGRI Jember)
Syamsul Hidayat (IKIP PGRI Jember)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2019

Abstract

Melalui penggunaan sebuah media pembelajaran berbasis buku teks sebagai referensi utama dan media pembelajaran yang berbasis power point yang menarik, belajar menjadi menyenangkan, tidak membosankan, penuh motivasi, semangat, menarik perhatian dan menanggapi suatu permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Kondisi belajar tersebut memungkinkan hasil belajar siswa menjadi meningkat, khususnya hasil belajar IPA. Berdasarkan uraian latar belakang, masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut: a) Seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis power point terhadap peningkatan hasil belajar siswa?, b) Seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis buku teks terhadap peningkatan hasil belajar siswa? c) Seberapa besar pengaruh secara bersamaan penggunaan media pembelajaran berbasis power point dan buku teks terhadap peningkatan hasil belajar siswa?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan metode survey. Adapun yang menjadi populasi dan sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MI Negeri 2 Jember yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara pembagian angket/kuesioner dengan skala Likert. Analisis data menggunakan rumus teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda dengan bantuan komputer dengan program SPSS 13. Hasil penelitian ini juga menunjukan; (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis power point terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,863 menunjukan tingkat keeratan antara dua variabel tersebut adalah sangat kuat, (2) ada pengaruhnya penggunaan media pembelajaran berbasis buku teks terhadap peningkatan hasil belajar siswa, hasilnya koefisien korelasi adalah 0.893. Nilai koefisien korelasi sebesar 0.893 menunjukan tingkat keeratan antara dua variabel tersebut adalah sangat kuat (3) ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berbasis power point dan buku teks terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Secara bersamaan penggunaan media pembelajaran berbasis power point dan buku teks terhadap peningkatan hasil belajar siswa memiliki koefisien korelasi (R) 0,934, menunjukan tingkat keeratan antara ketiga variabel tersebut sangat kuat, sedangkan besarnya pengaruh kedua media pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 87,23 %. Pengaruhnya cukup besar dan signifikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JETI specifically emphasizes research in educational practice and scholastic reality in schools up to university level. JETI may be directly concerned with science education, but also welcomes manuscripts in the field of interdisciplinary research, the journal focuses on. 1. Character Education 2. ...