JETI
Vol 3 No 1 (2020)

PENGARUH MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI

Amindari Amindari (TK Dharma Wanita Persatuan 02 Padomasan Jember)
M. Rudy Sumiharsono (Unknown)
Waris Waris (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian dapat memahami 1) Pengaruh media kartu kata bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan Anak Usia Dini, 2) Pengaruh audio visual terhadap kenaikan ketrampilan awal membaca Anak Usia Dini, 3) Pengaruh secara bersama-sama media kartu kata bergambar dan audio visual terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan Anak Usia Dini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif kausal. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling area. Pada penelitian ini metode penentuan responden adalah population reseach. Metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah 1) Observasi (pengamatan), 2) Interview (wawancara), 3) Kuesioner (angket), 4) Dokumentasi dan 5) Tes. Pra penelitian meliputi uji coba instrumen penelitian baik validitas, reliabilitas, taraf kesukaran maupun daya pembeda. Sedangkan pasca penelitian adalah menggunakan One-way ANOVA, uji yang dilakukan untuk mengetahui hasil penelitian yang akan menentukan diterima atau ditolaknya sebuah hipotesis penelitian. Dari hasil penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa 1) Ada pengaruh media kartu kata bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan Anak Usia Dini, 2) Ada pengaruh audio visual terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan Anak Usia Dini, 3) Ada Pengaruh secara bersama-sama media kartu kata bergambar dan audio visual terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan Anak Usia Dini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JETI specifically emphasizes research in educational practice and scholastic reality in schools up to university level. JETI may be directly concerned with science education, but also welcomes manuscripts in the field of interdisciplinary research, the journal focuses on. 1. Character Education 2. ...