JETI
Vol 3 No 1 (2020)

PENGARUH STRATEGI DISCOVERY DAN EKSPOSITORI DENGAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 1 JELBUK

Ahmad Jazuly (Unknown)
Wahyudi Wahyudi (Unknown)
Syamsul Hidayat (Unknown)
Makmuri Makmuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2020

Abstract

Pembelajaran menggunakan metode ekspositori merupakan metode paling dasar yang selalu digunakan. Pembelajaran kooperatif dipandang lebih baik daripada pembelajaran secara individu maupun kelompok. Pembelajaran kooperatif tipe tipe STAD siswa dalam kelompok yang memiliki kemampuan dan jenis kelamin berbeda harus aktif saling membantu dalam belajar, menghargai kelompok serta memiliki tujuan belajar yang sama. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimendengan rancangan faktorial nonequivalent control group design, yang dilaksanakan pada empat kelas, ditentukan melalui undian yaitu kelas VII orang. Dua kelas (VIIA dan VIIB) sebagai kelas eksperimen dan dua kelas (VIIC dan VIID) sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui kegiatan prates dan pascates dianalisis dengan menggunakan uji statistik MANCOVA berbantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran tipe STADmenunjukkan hasil belajar pemahaman PPKn yang lebih baik daripada strategi pembelajaran ekspositori; 2) siswa yang memiliki gaya kognitif field independent menunjukkan hasil belajar pemahaman PPKn yang lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent; 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar pemahaman PPKn ; 4) siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD mendapatkan hasil belajar lebih tinggi pada pelajaran PPKn dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; 5) siswa yang memiliki gaya kognitif field independent menunjukkan hasil belajar PPKn lebih tinggi daripada gaya kognitif field dependent; 6) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar PPKn. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan: 1) guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu strategi pembelajaran dalam pembelajaran PPKn; 2) guru perlu memperhatikan gaya kognitif siswa sebelum menerapkan strategi pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JETI specifically emphasizes research in educational practice and scholastic reality in schools up to university level. JETI may be directly concerned with science education, but also welcomes manuscripts in the field of interdisciplinary research, the journal focuses on. 1. Character Education 2. ...