JETI
Vol 3 No 2 (2020)

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 AMBULU

Nanik Suhernawati (Unknown)
Makmuri Makmuri (Unknown)
Asri Widiatsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimana pembuatan Media Pembelajaran interaktif berbasis power point pada mata pelajaran IPS, 2. Bagaimana cara penerapan Media Pembelajaran interaktif berbasis power point, 3. Bagaimana evaluasi dalam penggunaan Media Pembelajaran interaktif berbasis power point, 4. Bagaimana kelebihan penggunaan Media Pembelajaran interaktif berbasis power point pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Ambulu pada siswa kelas VII. Media pembelajaran seringkali dipahami sebagai bahan ajar atau bahkan sumber belajar. Pemaknaan yang komprehensif tentang media pembelajaran adalah yang dapat melihat dari berbagai unsur penyusun media itu sendiri. Secara istilah media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga proses belajar dapat terjadi. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berusaha mengungkap fenomena secara holistik dan berdasarkan konteks tanpa adanya perlakuan serta menempatkan peneliti sebagai kunci utama penelitian. Berdasarkan dari analisis hasil penelitian dan pembahasan maka simpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ambulu Tahun pelajaran 2018/2019 telah terlaksana dan menghasilkan media sebagaimana yang dimaksudkan, 2) Telah dihasilkan cara penerapan yang efektif dari media pembelajaran interaktif berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ambulu Tahun pelajaran 2018/2019, 3) Evaluasi dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ambulu Tahun pelajaran 2018 / 2019 adalah dengan menggunakan instrumen angket dan observasi langsung, 4) Kelebihan media pembelajaran interaktif berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ambulu Tahun pelajaran 2018 / 2019 yaitu ; a) memberikan sajian yang menarik dengan adanya suara, gambar dan video, b) mempermudah memahami materi pelajaran dengan suguhan materi yang ringkas namun langsung pada pokok dan inti pembahasan, c) menghilangkan kesan monoton dalam penyampaian materi pelajaran bila dibandingkan dengan cara konvensional dan d) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, daya tarik dan minat siswa dalam mempelajari materi pelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JETI specifically emphasizes research in educational practice and scholastic reality in schools up to university level. JETI may be directly concerned with science education, but also welcomes manuscripts in the field of interdisciplinary research, the journal focuses on. 1. Character Education 2. ...