JETI
Vol 4 No 2 (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN FISIK MOTORIK ANAK DI TK PGRI BHAKTI LESTARI KABUPATEN JEMBER

Holipa Hoiriya (Unknown)
M. Rudy Sumiharsono (Unknown)
Muljono Muljono (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2021

Abstract

Lebih dari 50% dari 40 peserta didik memiliki catatan perkembangan kognitif dan fisik motorik, belum berkembang sesuai harapan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, model pembelajaran kontekstual diyakini mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan fisik motorik anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal, dengan responden 40 anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Bhakti Lestari Kabupaten Jember semester genap tahun pelajaran 2019-2020. Daerah penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap perkembangan kognitif (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap perkembangan fisik motorik (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap perkembangan kognitif dan fisik motorik. Didapat nilai korelasi perkembangan kognitif adalah 0,97 dengan sig (2-tailed) = 0,00 <0,05 dan nilai korelasi perkembangan fisik motorik adalah 0,908 dengan sig (2-tailed) = 0,00 < 0,05. Karena nilai korelasi variabel perkembangan kognitif dan perkembangan fisik motorik sama-sama > 0,60 dan nilai sig (2-tailed) < 0,05 maka hipotesis kerja diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan fisik motorik anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JETI specifically emphasizes research in educational practice and scholastic reality in schools up to university level. JETI may be directly concerned with science education, but also welcomes manuscripts in the field of interdisciplinary research, the journal focuses on. 1. Character Education 2. ...