Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 4 (2021): Desember

Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan Games terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV Gugus 04 Kecamatan Praya

Zaenul Asikin (Universitas Mataram)
Khairun Nisa (Universitas Mataram)
Ilham Syahrul Jiwandono (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai mana yang di amanatkan dalam Undang-Undang 1945. Mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan berarti meningkatkan kualitas manusia, baik sosial, iman dan takwa, intelektual maupun operasional. PPKn merupakan mata pelajaran dengan visi utama sebagai pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional. Pendiddikan pembelajaran PPKn di sekolah dasar pada umumnya masih belum efektif dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi kelemahan tersebut adalah model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) yang mampu mendorong siswa  untuk berdialog, berinteraksi dan bertransaksi yang kemudian akan melahirkan jawaban-jawaban (respon) untuk penerimaan nilai dan moralitas yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan games terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV gugus 4 kecamatan praya.Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Hasil peneltian didapatkan dari perhitungan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas  dan selanjutya menguji hipotesis penelitian. Kemudian dari analisis data di dapatkan nilai thitung sebesar 2.991 dengan sign 2.032. jika dibadingkan nilai thitung>ttabel yaitu 2.991>2.032 dan nilai sig <0,05 (0.00<0,05). Dari hasil data yang telah diolah maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode value clarification teacnique (VCT) berbantuan games terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV gugus 4 kecamatan praya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...