Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa
Vol 1 No 1 (2013): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa

TRADISI GAPURA MASJID WALI DI DESA LORAM KUDUS

Angesti, Arjuna Jun Avithariyhana (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2013

Abstract

Salah satu cerita rakyat yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar membaca teks sastra di SMP adalah cerita rakyat KyaiSingoprono. Cerita rakyat Kyai Singoprono dijadikan sebagai bahan ajar karena tokoh tersebut sangat kontroversial serta jalanceritanya yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter.Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah struktur fungsi pelaku dan motif pelaku ceritarakyat Kyai Singoprono? dan 2) bagaimana hasil rekonstruksi cerita rakyat Kyai Singoprono yang mengandung pendidikankarakter sebagai bahan ajar membaca teks sastra di sekolah menengah pertama? Berkaitan dengan permasalahan tersebut makapenelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan struktur fungsi pelaku dan motif pelaku cerita rakyat KyaiSingoprono serta mengembangkan bahan ajar sastra melalui model rekonstruksi cerita rakyat Kyai Singoprono yang mengandungpendidikan karakter sebagai bahan ajar membaca teks sastra di SMP.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif dengan menggunakan metode analisis struktural.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam cerita rakyat Kyai Singoprono yang mempunyai 4 versi cerita, diketemukanfungsi pelaku yang paling lengkap dari 31 fungsi pelaku yang ditawarkan Vladimir Propp. Versi tersebut adalah versi ketigayang mempunyai 26 fungsi pelaku serta 8 motif pelaku.Cerita rakyat Kyai Singoprono mengandung 17 nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4)disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokratis, (9) rasa ingin tahu, (10) semangat kebangsaan, (11) cinta tanahair, (12) menghargai prestasi, (13) bersahabat atau komunikatif, (14) cinta damai, (15) peduli lingkungan, (16) peduli sosial, dan(17) tanggung jawab.Hasil dari rekonstruksi cerita rakyat Kyai Singoprono diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar membaca tekssastra, tidak hanya pada aspek membaca, akan tetapi diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar pada semuaaspek dalam pembelajaran bahasa Jawa di SMP. One of folklore that can be used as teaching materials in junior high reading of literary texts is Kyai Singoprono folklore . Kyai folklore Singopronoused as teaching material for the highly controversial character and the story that contains the values of character education .Issues to be examined in this study were 1 ) how the structure and function of the perpetrator committed the arson Singoprono Kyai folklore ? and 2 )how the results of the reconstruction of folklore Kyai Singoprono containing character education as teaching materials to read literary texts insecondary schools ? The problems associated with the study aims to uncover and describe the structure and function of the perpetrator committed thearson Singoprono Kyai folklore and literature instructional materials developed through the model reconstruction folklore Kyai Singopronocontaining character education as teaching materials in junior high reading of literary texts .The approach used in this study is an objective approach to the structural analysis method .Results of this study indicate that in folklore Singoprono Kyai who have 4 versions of the story , the actors found the most complete functionality ofthe 31 perpetrators of the functions offered Vladimir Propp . The third version is the version that has 26 functions and 8 perpetrator committed thearson.Kyai Singoprono folklore contains 17 character education values , namely ( 1 ) religious , ( 2 ) fair , ( 3 ) tolerance , ( 4 ) discipline , ( 5 ) hard work ,( 6 ) creativity, ( 7 ) independent , ( 8 ) democratic , ( 9 ) curiosity , ( 10 ) the national spirit , ( 11 ) patriotism , ( 12 ) the achievements , ( 13 )friendly or communicative , ( 14 ) love peace , ( 15 ) care about the environment , ( 16 ) social care , and ( 17 ) responsibility .Results of reconstruction folklore Singoprono Kyai expected to be used as alternative materials to read literary texts , not only on aspects of reading ,but is expected to be used as an alternative instructional materials on all aspects of the Java language learning in junior high .

Copyrights © 2013