Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa
Vol 1 No 1 (2013): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN (EKSPERIENSIAL GYM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK TUNAGRAHITA KELAS VII SMPLB C/C1 YPAC SEMARANG

Kusumaningrum, Hesti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2013

Abstract

Keterampilan berbahasa meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menyimak cukup dikenal di dunia pendidikan. Pada umumnya para guru menyampaikan materi dalam pembelajaran secara lisan, dan siswa berkewajiban untuk menyimaknya dengan baik. Siswa yang memiliki kemampuan menyimak rendah, akan mendapat hambatan dalam menerima materi yang disampaikan. Keadaan tersebut tentu saja berakibat buruk terhadap keterampilan berbahasa yang lain, yaitu keterampilan membaca, menulis, dan berbicara. Beberapa fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran menyimak berbahasa Jawa di SMPLB mengalami beberapa kendala, oleh karena itu guru perlu merancang model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan anak SMPLB. Language skills covers listening skills, speaking, reading, and writing. Listening skills were well known in the world of education. In general, the teachers present material in verbal learning, and students are obliged to listen for them properly. Students who have poor listening skills, be challenged in receiving the material presented. The situation is of course bad for the other language skills, namely reading, writing, and speaking. Some facts on the ground indicate that the Java language in learning listening SMPLB having some problems, so teachers need to design learning model is interesting and appropriate to the needs of children SMPLB.

Copyrights © 2013