Penelitian pengembangan ini bertujuan menjelaskan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan lembar kerja peserta didik berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Teknik pengumpulan data menggunakam observasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi LKPD memperoleh nilai 3,75 dengan kategori sangat valid, hasil validasi materi 3,78 dengan kategori sangat valid, validasi RPP memperoleh nilai 3,73 dengan kategori sangat valid, dan lembar tes hasil belajar memperoleh nilai 3,56 dengan kategori sangat valid; (2) hasil kepraktisan dari keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I memperoleh persentase 75% dan pertemuan II memperoleh persentase 94% dengan kategori terlaksana baik, sedangkan aktivitas anak pertemuan I memperoleh persentase 77% dan pertemuan II memperoleh persentase 94% dengan kategori aktif dan hasil angket penilaian guru memperoleh rata-rata persentase 97%; (3) hasil keefektifan dari lembar kerja peserta didik berbasis proyek yang dikembangkan memperoleh nilai n-gain 0,67 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari lembar kerja peserta didik berbasis proyek yang dikembangkan pada materi siklus air valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.
Copyrights © 2021