Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIka)
Vol. 1 No. 2 (2021): September

Analisis Persepsi Konsumen dan Harapan Terhadap Produk Inovasi Boba Bonggol Pisang

Rilo Fajar Maritha (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ferdi Pratama (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Tri Cahyo Utomo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Hammam Muhammad Amrullah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Hamim Zaky Hadibasyir (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Agung Ahlul Wicaksana (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Masalah: Bonggol pisang adalah limbah hasil pertanian yang kurang termanfaatkan dan seringkali dibuang begitu saja. Padahal bonggol pisang dapat diolah menjadi tepung yang selanjutnya digunakan sebagai bahan dasar boba. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan harapan konsumen terhadap produk boba bonggol pisang. Metodologi: Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan jenis penelitian survei menggunakan intrumen kuisioner yang disebarkan secara online sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner yang digunakan dalam perihal ini merupakan kuesioner tertutup, ialah kuesioner yang jawabannya sudah disediakan, sehingga responden tinggal memilah serta menanggapi secara langsung. Populasi dalam kajian ini merupakan masyarakat Solo Raya. Jumlah responden yang mengisi kuisioner sejumlah 170 responden berdasarkan metode convenience sampling, sampel responden diperoleh secara kebetulan (convenient). Responden dipilih karena berada pada tempat dan waktu yang tepat. Temuan/Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen dan harapan konsumen berpengaruh terhadap produk inovasi boba bonggol pisang. Kajian mengenai persepsi konsumen penting dilakukan guna memperoleh masukan dari konsumen tentang produk yang dipasarkan dan proses pengambilan keputusan dalam pembelian oleh konsumen. Dari persepsi yang berupa reaksi konsumen terhadap suatu produk dapat menimbulkan harapan yang ada dipikiran konsumen mengenai produk yang sedang ditawarkan. Jenis penelitian: Riset pasar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIKa

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa) ditujukan sebagai sarana publikasi riset hasil kolaborasi mahasiswa dan dosen atau mahasiswa sendiri. Kkehadiran JIKa diharapkan mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi bersama antara mahasiswa dan dosen Ruang lingkup (scope) JIKa mencakup seluruh ...