J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Vol 2, No 2 (2017): J-Alif Volume 2, Nomor 2, Nopember 2017

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PINJAMAN DANA PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI KECIL (STUDI DESA GATTUNGAN KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI PANDAR)

Saifuddin Saifuddin (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2019

Abstract

Pemerintah menyediakan alokasi dana pertanian  untuk kesejahteraan petani dalam pengelolaan usahanya. Sedangkan yang memfasilitasi kendala/pemecahan yang dihadapi petani dari berbagai kelompok tani yaitu Gapoktan (gabungan kelompok tani). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktek dari pinjaman dana program pemberdayaan ekonomi masyarakat terhadap hasil pertanian, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pinjaman dana tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan terhadap masyarakat petani yang tergabung dalam kelompok tani dan melakukan pinjaman untuk keperluan usaha taninya. Penelitian ini merupakan penelitian kuatatif, Populasi dan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling, Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, angket, wawancara, dan pustaka. Setelah data terkumpul, penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan bahwa praktek pinjaman dana  program pemberdayaan ekonomi terhadap masyarakat petani kecil, pinjaman sangat membantu petani karena digunakan sebagai modal  untuk membiayai usahanya baik untuk pengelolaan pertanian maupun membuka lahan pertanian baru. Sedangkan pengembalian modal/dana beserta bunga dikembalikan setelah masa panen tiba, bunganya hanya berlaku sekali dan sangat rendah . Praktek pinjaman dana menurut hukum Islam yaitu boleh (mubah) karena sudah sesuai atau tidak menyimpang dari perjanjian yang telah disepakati, serta pengambilan keuntungan tidak mengandung unsur penipuan, manipulasi, eksploitasi dan kezhaliman.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jalif

Publisher

Subject

Religion

Description

Hukum Ekonomi Syariah, dan Sosial Budaya Islam J-Alif. Adalah jurnal Fakulatas Agama Islam Universitas Al Asy’ariah Mandar. Terbit berkala Enam bulan sekali (Semester). Sebagai wahana komunikasi insan akademik dalam bidang Sosial Keagamaan dan Budaya ...