Jurnal Bina Bangsa Ekonomika
Vol. 14 No. 1 (2021): Jurnal Bina Bangsa Ekonomika (JBBE)

PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM: (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Nur Annisa (Universitas Bina Bangsa)
Abdul Rauf Chaerudin (Universitas Bina Bangsa)
Wahyu Widodo (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh ROA dan ROE terhadap Harga Saham yang terdaftar di BEI secara parsial dan simultan. Metode penelitian dengan teknik kuantitatif deskriptif dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI. Teknik pengolahan data dan analisis data meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan hipotestis statistik. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa ROA berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, dan berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa ROE berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Berdasarkan uji f diperoleh dan dapat disimpulkan bahwa secara simultan ROA dan ROE berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jbbe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bina Bangsa Ekonomika (JBBE) teregistrasi dengan nomor p-ISSN: 2087-040X dan e-ISSN: 2721-7213. Merupakan Jurnal yang berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi bidang-bidang Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) ...