LENTERAL: Learning and Teaching Journal
Vol 1 No 2 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal

Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Siswa Berjilbab Kelas VI Di SD Negeri 18 Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah

Susilawati Susilawati (Unknown)
Janawi Janawi (Unknown)
Anna Musyarofah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup, dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 22.0. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengaruh kepribadian guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi siswa berjilbab kelas VI di SD Negeri 18 Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah, sesuai dengan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa jika nilai Thitung > Ttabel pada taraf signifikasi 5% (0,05) dengan angka 3 angka 2,789 > 1,739 berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan besar pengaruh antara variabel X terhadap Y sebesar 31,4 % dengan melihat tabel R Square (koefisien determinasi) R2= 0,314 X 100 = 31,4 % dan sisanya 68,6 % dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian disimpulakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepribadian guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi siswa berjilbab. Adapun bentuk persamaan regresi sesuai dengan yang diperoleh pada tabel Coefficientsa diperoleh nilai konstanta 13,196 dan niali koefisien b1 (kepribadian guru PAI) sebesar 0,579. Maka bentuk persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 13,196 + 0,579X.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

LENTERNAL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, ISSN Online 2721-9054 is a peer-reviewed journal and scientific journal published by IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. This journal aims to publish articles dedicated to all aspects of teaching and learning. The journal focuses on learning and ...