Jurnal Rekayasa Elektro Sriwijaya
Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Rekayasa Elektro Sriwijaya

Perancangan Kendali Alat Bantu Tunanetra Berbasis Fuzzy Logic

Muharomeita Aulia (Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Sarjana Terapan Teknik Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Indonesia)
Ekawati Prihatini (Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Sarjana Terapan Teknik Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Indonesia)
Nyayu Latifah Husni (Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Sarjana Terapan Teknik Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Seorang penyandang tunanetra biasanya menggunakan alat bantu seperti tongkat atau anjing sebagai penuntun untuk membantu pergerakkannya dalam kehidupan sehari-hari dan untuk mengetahui benda yang ada disekitarnya. Sehingga dibutuhkan sebuah alat bantu tunanetra yang terintegrasi dalam satu sistem yang mampu membantu dalam penyandang tunanetra di kehidupan sehari-hari serta memberikan informasi lokasi keberadaan terakhir alat tersebut. Sistem ini memanfaatkan sensor ultrasonik HC-SR04 dan sensor water level, strategi pengendalian sistem ini adalah menggunakan fuzzy logic. Serta proses komunikasi antar perangkat pada sistem ini menggunakan komunikasi wireless yang berbasis IoT dengan menggunakan ESP8266.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jres

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Rekayasa Elektro Sriwijaya adalah peer-reviewed jurnal yang dipublikasikan oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Sriwijaya. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Ruang lingkup jurnal berfokus pada bidang teknik elektro, namun tidak hanya terbatas ...