Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah mewujudkan sekolah unggul di masa pandemi melalui pengembangan hubungan sekolah dan wali murid. Tempat penelitian ini di SD Negeri 211/IX Mendalo Darat Muara Jambi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru, Komite sekolah dan wali murid. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan pendekatan Milles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan tehnik triagulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah Unggul dimasa pandemi yang dilakukan dengan mengembangkan hubungan sekolah dan wali murid diwujudkan melalui keterampilan kepala sekolah dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan melakukan pengawasan dalam membangun hubungan sekolah dan wali murid.Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah keterampilan manajerial kepala sekolah dalam mengembangkan hubungan sekolah dan wali murid dalam upaya mengembangkan sekolah unggul dimasa pandemi dilakukan melalui berbagai kegiatan kepemimpinan manajerial memberikan dampak yang baik. Komunikasi wali murid dengan guru/wali kelas juga berjalan dengan baik. Kegiatan ini sangat berpengaruh terhadap terwujudnya sekolah unggul di masa pandemi.
Copyrights © 2021