KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)
Vol 5, No 1 (2021): Peran Generasi Milenial Bertalenta Digital Pada Era Society 5.0

Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerima Bantuan Tanah Garapan Pada Desa Trans Aliaga Ujung Batu Iii Dengan Metode Distance From Average Solution ( EDAS )

Suharti Suharti (Universitas Budi Darma, Medan)
Dito Putro Utomo (Universitas Budi Darma, Medan)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Bantuan pemberian tanah garapan merupakan sebuah program yang terdapat di Desa Trans Aliaga Ujung Batu III. Program tersebut merupakan program kerja desa setempat untuk diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu. Masyarakt Desa Aliaga Ujung Batu III memiliki komoditas utama kehidupan pada sektor perkebunan. Bantuan tanah garapan diberikan guna membantu masyarakat sekitar yang tidak memiliki lahan perkebunan untuk ditanami tanaman yang dapat dijual setelah panennya. Bantuan diberikan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat pada Desa Aliaga Ujung Batu III. Tahapan prosedur yang dilakukan dalam memilih masyarakat yang layak menerima bantuan tidaklah mudah harus berdasarkan dengan kriteria-kriteria yang telah di tentukan oleh Kepala Desa, sehingga memungkinkan menimbulkan hasil yang kurang objektif. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem sebagai acuan untuk proses pemilihan masyarakat yang layak menerima bantuan. Sistem pendukung keputusan merupakan solusi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan menggunakan Metode EDAS didalam proses pemilihannya. Metode EDAS merupakan metode pemilihan berdasarkan dengan nilai normalisasi bobot dan jarak solusi positif dan solusi negatif. Dengan adanya sistem pendukung keputusan dapat memberikan rekomendasi kelayakan penerima tanah garapan berdasarkan ranking, dari 15 calon peserta penerima tanah garapan terdapat 5 calon peserta saja yang berhak menerima bantuan tanah, adapun 5 peserta yang berhak mendapatkan bantuan tanah dengan ranking terbesar adalah (A9) Sakiman dengan ranking  0,596, (A13) Margono denga  ranking 0,060, (A12) Yatno dengan ranking 0,059,  (A4) Oyok Kuswadi dengan ranking 0,046, (A14) Dikun dengan rank 0,047.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer) adalah wadah publikasi bagi peneliti dalam bidang kecerdasan buatan, kriptografi, pengolahan citra, data mining, system pendukung keputusan, mobile computing, system operasi, multimedia, system pakar, GIS, jaringan ...