CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 2, No 2 (2018)

PENGEMBANGAN MODUL MULTIMEDIA BERBASIS TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN DI MAN 4 MEDAN

Rimay Handayani Z (Universitas Islam Sumatera Utara, Departement of Chemistry Education, Medan 20217, North Sumatera, Indonesia)
Julia Maulina (Universitas Islam Sumatera Utara, Departement of Chemistry Education, Medan 20217, North Sumatera, Indonesia)
Lisa Ariyanti Pohan (Universitas Islam Sumatera Utara, Departement of Chemistry Education, Medan 20217, North Sumatera, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Modul multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan pada proses pembelajaran. Modul multimedia juga dapat dimodifikasi dengan model pembelajaran seperti TGT. Pada penelitian ini disarankan modul multimedia berbasis TGT pada materi peran ilmu kimia dalam kehidupan diberikan kepada siswa kelas X MAN 4 Medan dengan merujuk kepada perbedaan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D, yang meliputi tahap (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (3) Disseminate. Tingkat kelayakan modul multimedia berbasis TGT telah di validasi oleh para ahli dan uji coba skala kecil Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data produk, uji normalitas dan uji sample t-test. Dari hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,177% dan pada kelas control sebesar 0,198%. Hasil uji T menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak.Kata kunci: Modul multimedia berbasis TGT, hasil belajar, peran ilmu kimia dalam kehidupan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...