CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 2, No 1 (2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA KARTU KERJA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM

Nurliana Padang (Universitas Islam Sumatera Utara, Department of Chemistry Education, Medan, North Sumatra, 20217, Indonesia)
Jasmidi Jasmidi (Universitas Islam Sumatera Utara, Department of Chemistry Education, Medan, North Sumatra, 20217, Indonesia)
Wilda Wani Siregar (Universitas Islam Sumatera Utara, Department of Chemistry Education, Medan, North Sumatra, 20217, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan media power point dan tipe NHT dengan media kartu kerja pada materi pokok Struktur Atom di mana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media power point dan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja pada materi pokok Struktur Atom di kelas X SMA Tamansiswa  Medan. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Di mana XA menjadi kelas eksperimen I dan XB menjadi kelas eksperimen II. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I adalah 78,67 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II adalah 73,67. Dari hasil perhitungan statistik yang menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh  yaitu . Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima atau tidak ada perbedaan hasil belajar.Kata kunci: Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together), Media Power Point, Media Kartu Kerja, Struktur Atom. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...