CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 4, No 2 (2020)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DENGAN POWER POINT PADA MATERI IKATAN KIMIA

Ribka Nisdawati Telaumbanua (Universitas Islam Sumatera Utara, Department of Chemistry Education, Medan 20217, North Sumatera, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan  model pembelajaran PBL ( Problem Based Learning) dengan Model Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan Media Power Point terhadap  hasil belajar kimia siswa pada materi Ikatan Kimia.. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata dari pre-test yaitu pada kelas eksperimen I adalah 59,3 dengan standar deviasi 41,109 sedangkan pada test akhirnya (post-test) adalah 82,3 dengan standar deviasi 38,235.Untuk  nilai rata-rata kelas eksperimen II pada pre-testnya adalah 58,1 dengan standar deviasi 49,665 untuk post-testnya adalah 80,1 dengan standar deviasi 39,594. Untuk uji normalitas data pada kelas eksperimen I menggunakan Problem Based Learning dan pada kelas eksperimen II menggunakan Student Teams Achievement Division dan post-test kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji Homogenitas kedua kelas sampel homogen. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang menggunakan Uji-t (hipotesis) nilai Pre-test  thitung ttabel yaitu 1,75 1,81, nilai post-tes  = 1,81 maka, 2 1,81 sehingga  ditolak dan  diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dan yang dibelajarkan menggunakan model Student Teams Achievement Division.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...