CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 2, No 1 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Uswatun Hasanah S. (Universitas Islam Sumatera Utara, Department of Chemistry Education, Medan, North Sumatera, 20217, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tapung dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok. Jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI IPA1 (eksperimen)  dan kelas XI IPA2 (kontrol). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu senyawa karbon, pre-test dan post-test sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan  menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 3,08 dan  ttabel= 2,00 dan menunjukkan thitung ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar dengan peningkatan sebesar 11,63%.Kata  Kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok, Sistem Koloid.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...