Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tapung dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok. Jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI IPA1 (eksperimen) dan kelas XI IPA2 (kontrol). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu senyawa karbon, pre-test dan post-test sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 3,08 dan ttabel= 2,00 dan menunjukkan thitung ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar dengan peningkatan sebesar 11,63%.Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok, Sistem Koloid.
Copyrights © 2018