CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 3, No 1 (2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN NHT

Hidayati Hura (Universitas Islam Sumatera Utara, Departement of Chemistry Education, Medan, 20217, North Sumatera, Indonesia)
Yuniarti Yusak (Universitas Islam Sumatera Utara, Departement of Chemistry Education, Medan, 20217, North Sumatera, Indonesia)
Budianto Budianto (Universitas Islam Sumatera Utara, Departement of Chemistry Education, Medan, 20217, North Sumatera, Indonesia)
Uswatun Hasanah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe NHT. Populasi yang digunakan 2 kelas masing-masing 30 siswa. Dimana kelas X-KA1 menjadi kelas eksperimen I (NHT) dan kelas X-KA4 menjadi kelas eksperimen II (STAD). Sampel yang digunakan adalah random sampling.  Data berdistribusi normal yaitu Lhitung ˂ Ltabel (0,0882˂0,161) untuk nilai postes kelas eksperimen I (NHT) dan  Lhitung ˂ Ltabel (0,0493˂0,161) untuk nilai postes kelas eksperimen II (STAD). Uji Homogenitas pada hasil postes diperoleh Fhitung  ˂ Ltabel (1,28˂1,86) sehingga disimpulkan populasi bersifat homogen. Nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen I (NHT) adalah  = 5,82  dengan standar deviasi adalah S = 2,12 dan nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen II (STAD) adalah  = 4,78 dengan standar deviasi S = 1,56. Uji hipotesis nilai thitung = 8,455 sedangkan nilai ttabel = 2,002 sehingga thitung ttabel, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...