Penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe NHT. Populasi yang digunakan 2 kelas masing-masing 30 siswa. Dimana kelas X-KA1 menjadi kelas eksperimen I (NHT) dan kelas X-KA4 menjadi kelas eksperimen II (STAD). Sampel yang digunakan adalah random sampling. Data berdistribusi normal yaitu Lhitung ˂ Ltabel (0,0882˂0,161) untuk nilai postes kelas eksperimen I (NHT) dan Lhitung ˂ Ltabel (0,0493˂0,161) untuk nilai postes kelas eksperimen II (STAD). Uji Homogenitas pada hasil postes diperoleh Fhitung ˂ Ltabel (1,28˂1,86) sehingga disimpulkan populasi bersifat homogen. Nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen I (NHT) adalah = 5,82 dengan standar deviasi adalah S = 2,12 dan nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen II (STAD) adalah = 4,78 dengan standar deviasi S = 1,56. Uji hipotesis nilai thitung = 8,455 sedangkan nilai ttabel = 2,002 sehingga thitung ttabel, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.
Copyrights © 2019