MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2014): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP OPERASI HITUNG PECAHAN DI SMP NEGERI 1 SAWANG (Integrasi dengan Dasar-dasar Pendidikan MIPA)

siraj siraj (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep operasi hitung pecahan di SMP 1 Sawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas VII1 SMP Negeri 1 Sawang semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai tes dan wawancara. Tes essay untuk menganalisis jawaban siswa tentang kesulitan yang dihadapi. Wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa. Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus persentase. Siswa  yang mengalami kesulitan dilandasi dengan mendapat skor < 65% dari skor maksimum soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam dalam memahami konsep porasi hitung pecahan, yaitu dari 13 orang siswa yang diteliti memilki kesulitan menggunakan konsep 19,61% dan kesulitan menggunakan prinsip 20,85%. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan menggunakan prinsip karena kurangnya pemahaman konsep dasar. Kesulitan yang paling banyak dialami oleh siswa adalah menyamakan dua penyebut yang berbeda serta menyelesaikannya, dan menyelesaikan soal dalam bentuk gambar. Kata Kunci: Kesulitan siswa, operasi hitung pecahan  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...