MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2018): MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PACE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP MATERI GEOMETRI

Rahman, Arief Aulia (Unknown)
Yunita, Astria (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Pembelajaran matematika selama ini dipandang sebgai alat yang siap pakai. Pandangan ini mendorong sikap guru bersikap cenderung memberi tahu konsep dan cara menggunakanya. Penelitian iin bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajran PACE untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuala.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Penelitian ini dilaksanaakan di SMP Negeri 1 Kuala.Waktu penelitian dilaksanakan pada semester 1 pada bulan September-November tahun ajaran 2017/2018 di SMP Negeri 1 Kuala.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuala.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdirri dari lembar soal tes dan lembar angket.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dapat meningkatkan  kemampuan pembuktian matematika siswa, ini terlihat dari soal pretestdan posttest yang diberikan oleh peneliti dengan rata-rata kelas sebelum diberi tindakan menggunakan model pembelajaran PACE yaitu 60,54 meningkat setelah menggunakan model pembelajaran PACE yaitu 80,208 dengan selisish rata-rata 19,668.Hal ini diperkuat dengan hasil angket siswa mengenai tentang pembelajaran PACE dimana pembelajaran menggunakaan penerapan model pembelajaran PACE tidak membuat siswa bosan karena modelpembelajaran PACE lebih menarik dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah, siswa merasa senang dengan model pembelajaran PACE  pada materi geometri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...