Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 8 No 1 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya.

Profil Antusias Belajar Fisika Peserta Didik Metode Hybrid Learning di MAN 2 Sumedang

Delviana Junissetiawati (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Syifa Ramadiani (Program Studi Pendidikan Fisika, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Muhammad Minan Chusni (Program Studi Pendidikan Fisika, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Euis Rihayatin (Madrasah Aliyah Negeri 2, Sumedang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Tuntutan dari pembelajaran fisika adalah terjadinya peningkatkan kemampuan berpikir peserta didik sehingga tidak hanya mampu secara kognitif dan psikomotorik melainkan peserta didik juga mampu berpikir secara sistematis, objektif dan kreatif. Tetapi, fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran fisika seringkali ditemukan peserta didik yang bermalas-malasan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat antusias belajar fisika dan mengetahui indikator yang menunjukkan persentase tertinggi dan persentase terendah dalam antusias belajar fisika peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Sumedang Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 orang peserta didik. Data diperoleh melalui angket yang berisi 30 pertanyaan, kemudian persentase skor dihitung berdasarkan kategori pertanyaan untuk setiap indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil antusias belajar fisika peserta didik di MAN 2 Sumedang termasuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase 78%. Artinya terdapat keantusiasan dari peserta didik untuk belajar fisika. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai studi awal bagi peneliti selanjutnya dengan berbagai aspek lainnya.

Copyrights © 2022