TECHNO-SOCIO EKONOMIKA
Vol 14, No 2 (2021): Jurnal Techno-Socio Ekonomika - Oktober

PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KONSTRUKSI TERHADAP KINERJA PROYEK PEMBANGUNAN FLYOVER (STUDI KASUS: FLYOVER SULTAN AGUNG TANJUNG KARANG)

Fitri Yalina (Unknown)
Tia Sugiri (Universitas Sangga Buana)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) adalah bagian dari sistem manajemen pelaksanaan pekerjaan konstruksi dalam rangka menjamin terwujudnya Keselamatan Konstruksi. Pedoman SMKK di Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 21/PRT/M/2019.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi  SMKK pada proyek pembangunan flyover Sultan Agung, faktor-faktor dominan implementasi SMKK dan besarnya pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap kinerja proyek berdasarkan efisiensi waktu, biaya dan kualitas hasil kerja,  serta korelasi antara faktor-faktor implementasi SMKK tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan analisis data implementasi SMKK pada proyek pembangunan flyover dilakukan dengan menyusun dan membahas hasil wawancara, observasi di lokasi proyek , evaluasi data-data SMKK yang tersedia serta studi kepustakaan sebagai data pendukung.Sedangkan untuk analis data hasil kuesioner digunakan bantuan program aplikasi SPSS V25. Hasil penelitian menunjukan rencana penerapan SMKK pada proyek pembangunan flyover termasuk dalam kategori cukup baik, sedangkan komponen  kegiatan pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) telah dilaksanakan secara menyeluruh. Untuk hasil analisis data diperoleh  2 (dua) buah faktor dominan yaitu Variabel X4 (Operasi Keselamatan Konstruksi) dan Variabel X5 (Evaluasi Kinerja Keselamatan Konstruksi) .Faktor-faktor dominan tersebut berpengaruh signifikan terhadap kinerja proyek . Untuk variabel X4  berpengaruh sebesar 7,743  dan variabel X5 berpengaruh sebesar 3,61 . Selain itu korelasi antara faktor-faktor implementasi SMKK memiliki hubungan  yang kuat .Implementasi SMKK membawa pengaruh positif bagi pekerja dan stakeholder terkait guna menyadari pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja bagi pelaksanaan  proyek konstruksi .

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

techno-socio-ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

TECHNO-SOCIO EKONOMIKA (ISSN : 1979-4835 | E-ISSN : 2721-2335) adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (bulan April - bulan Oktober) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang keteknikan, sosial, dan ekonomika. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, ...