TESLA: Jurnal Teknik Elektro
Vol 23, No 2 (2021): TESLA: Jurnal Teknik Elektro

IMPLEMENTASI IBEACON DALAM RUANGAN UNTUK MEMPROMOSIKAN PRODUK DENGAN TEKNOLOGI BLUETOOTH LOW ENERGY (BLE) PADA EIGHTMART

Desmira Desmira (Untirta)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2021

Abstract

 ABSTRACTS : Eightmart is a minimarket in the main lobby at Serang Raya University that provides the needs of students while on campus. By understanding consumer behavior in the current digital era that cannot be separated from smartphones, the management is trying to make a new breakthrough by promoting goods sold at Eightmart using Smartphones and making hotspot connections available for free and providing comfortable seats and tables for learn while enjoying the food at Eightmar. The purpose of this research is to produce an application for visitors and students to get information with relevant content according to the location where they are. The benefit of this research is that Eightmart management can promote products that have price cuts. Researchers can notify smartphone users of product promos where they are near the provider of goods or services at that time (realtime). The test was carried out by connecting a smartphone at a location using Bluetooth LE technology and trying it on smartphone consumers, by testing with two smartphones with the first specification on a smartphone with 2GB ram specifications with marshmellow OS specifications and the second with 512 ram smartphones and kitkat OS. The research method in this research is observation, interviews and literature study with a waterfall model development model. The results of the study The maximum Bluetooth connection distance that has been tested on two different smartphones and the minimum use in Bluetooth LE is operated on 4.4 kitkat, so the signal strength results are different in the two operating systems. In the cubeacon application on the samsung J1 ace, the signal range is about 12.3 meters, and on the samsung xiaomi redmi 4a it is about 16.5 meters ABSTRAK:Eightmart merupakan minimarket yang ada dilobi utama  yang berada di Universitas Serang Raya yang menyediakan kebutuhan mahasiswa ketika berada dikampus. Dengan memahami perilaku konsumen diera digital saat ini yang tidak lepas dari smartphone   maka pihak manajemen berusaha membuat suatu trobosan baru dengan mempromosikan barang-barang yang dijual di Eightmart dengan menggunakan Smartphone serta membuat koneksi hospot selaku tersedia dengan gratis dan menyediakan tempat duduk dan meja yang nyaman buat belajar sambil menikmati makanan yang ada di Eightmar. Tujuan dari penelitian ini  adalah menghasilkan aplikasi bagi pengunjung dan mahasiswa untuk mendapatkan informasi dengan konten yang relevan sesuai dengan lokasi dimana mereka berada. Manfaat dari penelitian ini adalah  menejemen Eightmart dapat mempromosikan produk  yang ada pemotongan harga .Peneliti dapat menginformasikan promo produk kepada pengguna smartphone dimana mereka berada di dekat penyedia barang atau jasa saat itu juga (realtime). Pengujian dilakukan dengan menghubungkan smartphone  di lokasi dengan memanfaatkan teknologi Bluetooth LE dan di coba pada smartphone konsumen, dengan melakukan pengujian dengan dua smartphone dengan spesifikasi berbeda, yang pertama pada smartphone dengan spesifikasi ram 2GB dengan OS marshmellow dan yang kedua dengan smartphone ram 512 dan OS kitkat. Metode penelitian dalam penelitian adalah observasi,wawancara dan studi literature dengan model mengembangkan model air terjun  atau waterfall . Hasil dari penelitian Jarak koneksi Bluetooth maksimum yang telah di uji pada kedua smartphone berbeda dan penggunaan dalam Bluetooth LE  minimum di operasikan pada 4.4 kitkat, sehingga hasil kekuatan sinyal ternyata berbeda pada kedua sistem operasi tersebut. Pada aplikasi cubeacon yang ada di samsung J1 ace jangkauan sinyal nya yaitu sekitar 12,3 meter, dan pada samsung xiaomi redmi 4a yaitu sekitar 16,5 meter.

Copyrights © 2021