Minda Baharu
Vol 5, No 2 (2021): Minda Baharu

UPAYA MEREDUKSI ANXIETY DISORDER PADA GURU MELALUI PELATIHAN EXPRESSIVE ART THERAPY

Dony Darma Sagita (UHAMKA University)
Rizki Dwi Siswanto (UHAMKA University)
Feli Cianda Adrin Burhendi (UHAMKA University)
Andi Andi (UHAMKA University)
Ramdani Ramdani (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pelatihan  ini bertujuan untuk memberikan pemahaman baru, dan melatih guru-guru BK di Kota Mataram dalam menyelesaikan permasalahan kecemasan yang mendalam pada klien. Kecemasan yang masih terjadi pada masyarakat karena berbagai kali di timpa bencana. Berbagai terapi dalam Bimbingan dan  Konseling dapat digunakan oleh guru dalam mengatasi kondisi tersebut, salah satu bentuk terapi yang bisa digunakan adalah terapi ekspressif.  Metode yang digunakan dalam pengabdian ini terdiri dari tiga tahap, 1) tahap pra pelatihan yaitu merancang model materi dan komunikasi dengan MGBK, 2) tahap pelaksanaan pelatihan dan ; 3) tahap evaluasi yaitu tanggapan peserta terhadap pelatihan.  Hasil kegiatan ini dapat dilihat dari antusiasme, keaktifan, kesungguhan dan ketertarikan peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Evaluasi hasil menunjukkan bahwa para guru mampu memahami, merancang dan melaksanakan expressive art therapy sebagai sebuah pemahaman baru dalam penerapan pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling dalam mereduksi kecemasan pada diri sendiri dan kliennya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MNDBHRU

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Minda Baharu merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang di terbitkan Universitas Riau Kepulauan. Minda Baharu berfokus pada publikasi hasil penciptaan dan penerapan Inovasi dan Teknologi bagi masyarakat dengan lingkup semua disiplin ilmu. Mulai dari Volume 3 tahun 2019, Minda Baharu ...