Basica
Vol 1 No 1 (2021): Arts and Science in Primary Education

KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN DARING VIA WHATSAPP GROUP DI ERA COVID-19 (STUDI KASUS DI MI MIFTAHUL HUDA JEPARA)

Laila Fajrin (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan kepala sekolah MI Miftahul Huda Jepara dalam melaksanakan pembelajaran daring via whatsapp group di era pandemi covid-19. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian adalah MI Miftahul Huda Jepara sedangkan kepala sekolah menjadi subjek penelitian. Sumber data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah, menata data dan menemukan hasil penelitian yang dapat dilaporkan secara sistematis. Sedangkan, uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan kredibilitas data melalui trianggulasi, memperpanjang pengamatan, pemeriksaan sejawat, depandibility dan konfermability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah MI Miftahul Huda Jepara telah memiliki kebijakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring via whatsapp group dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk mensukseskan kebijakan yang telah ditetapkan maka kepala sekolah berkolaborasi dengan wali kelas, guru mata pelajaran, dan wali siswa. Kebijakan kepala sekolah memiliki dampak positif dan negatif. Dampak negatif kepala sekolah disiasati dengan beberapa jalan keluar yang solutif sehingga pembelajaran daring tetap terlaksana dengan kondusif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basica

Publisher

Subject

Arts Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics

Description

a journal that publishes original writings from the results of literature studies research for sciences results biology physics science education elementary school arts education and childrens learning creativity. Islamic Primary Education Journal published biannually in June and December including ...