Haumeni Journal of Education
Vol 1 No 1 (2021): Juni

Survei Motivasi Belajar Mahasiswa Penjaskesrek Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19

Veramyta M. M. F. Babang (Univeritas Nusa Cendana Kupang)
Ronald Dwi Ardian Fufu (Universitas Nusa Cendana)
Sukmawati Ahmad Kiko (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Proses belajar mengajar yang efektif yaitu pertemuan antara pendidik dan peserta didik secara langsung dalam suatu ruang pembelajaran. Pada awal tahun 2020 dunia sedang waspada dengan sebuah virus yang disebut corona virus atau covid-19. Pandemi covid-19 telah merubah tatanan kehidupan dari segi sosial, ekonomi dan tidak luput juga dunia pendidikan. Sehingga proses belajar mengajar diperguruan tinggi beralih dari offline menjadi online. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar mahasiswa Penjaskesrek Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada perkuliahan daring selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan keseluruhan indikator menunjukan bahwa motivasi belajar mahasiswa Penjaskesrek Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada perkuliahan daring selama pandemi covid-19 berada pada kategori rendah, hal ini didapatkan dari skor persentase yang berjumlah 81%. Hasil penelitian ini diharapkan para mahasiswa terus meningkatkan motivasi belajar pada perkuliahan daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini juga diharapkan para pendidik selalu kreatif dalam menciptakan situasi belajar dan selalu memotivasikan para mahasiswa untuk tetap selalu semangat mengikuti perkuliahan daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...