Haumeni Journal of Education
Vol 1 No 1 (2021): Juni

Pengaruh Kecemasan, Kesulitan Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kupang

Christine K. Ekowati (Unknown)
Damianus D. Samo (Unknown)
Kristian Tay Nggeni Njuka (visitor)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kecemasan, kesulitan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kupang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kupang dan sampel yang diambil sebanyak 78 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik secara parsial maupun simultan, kecemasan, kesulitan belajar, dan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...