Haumeni Journal of Education
Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021

Hubungan antara Motivasi dan Self-regulated Learning Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Kota Kupang

Erika Feronika Br Simanungkalit (Universitas Nusa Cendana)
Rolens E. H. Riwu Manu (Unknown)
Asnat C. Bani Bili (Unknown)
Andri P. Loe (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penerapan pembelajaran jarak jauh di sekolah-sekolah merupakan hal baru bagi siswa dan guru, butuh waktu bagi siswa dan guru untuk beradaptasi. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah motivasi dan self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan self regulated learning siswa selama pembelajaran jarak jauh di kota kupang. Penelitian ini berjenis korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner self regulated learning Jansen et al., (2017) dan kuesioner motivasi Garcia (1996). Responden dalam penelitian ini berjumlah 178 siswa di kota Kupang yang berasal dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan dan positif antara motivasi dengan self regulated learning dengan besar koefisien korelasi 0.780. Uji koefisien determinasi menunjukkan motivasi menjadi prediktor self regulated learning sebesar 0.608 atau 60,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi dengan self regulated learning siswa selama pembelajaran jarak jauh di kota kupang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...