Jurnal ABDIMAS Panrita
Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Abdimas Panrita

PEMERIKSAAN GOLONGAN DARAH BAGI MASYARAKAT DESA TACCORONG SEBAGAI UPAYA PEMAHAMAN TENTANG KEBUTUHAN DAN MANFAAT DARAH

AR.Pratiwi Hasanuddin (Prodi DIII Analis Kesehatan, Stikes Panrita Husada Bulukumba, Indonesia *a.r.pratiwihasanuddin@gmail.com)
Subakhir Salnus (Prodi DIII Analis Kesehatan, Stikes Panrita Husada Bulukumba, Indonesia *a.r.pratiwihasanuddin@gmail.com)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2020

Abstract

Darah merupakan salah satu komponen paling penting yang ada dalam tubuh, mengingat fungsinya sebagai alat transportasi. Kekurangan darah di dalam tubuh dapat memacu sejumlah penyakit dimulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Beberapa kasus lain seperti kecelakaan, luka bakar dan proses persalinan juga memerlukan tranfusi darah akibat tingginya kemungkinan pendarahan. Banyak diantara kita belum mengetahui jenis golongan darah yang kita miliki. Kasus ini menjadi sangat krusial ketika individu tersebut mengalami musibah, seperti kecelakaan yang mengakibatkan darah banyak keluar. Tindakan penanganan pasien menjadi terlambat, karena individu ini belum mengetahui jenis golongan darah yang ia miliki. Golongan darah merupakan sistem pengelompokkan darah yang didasarkan pada jenis antigen yang dimilikinya. Antigen tersebut dapat berupa karbohidrat dan protein. Berdasarkan hasil pemeriksaan pada 50 orang, bergolongan darah A sebanyak 10 orang (20%), bergolongan darah B sebanyak 25 orang (50%), bergolongan darah AB sebanyak 7 orang (14%), dan bergolongan darah O sebanyak 8 orang (16%). Dampak dilakukannya pengabdian masyarakat yaitu masyarakat Desa Taccorong menjadi tahu golongan darah mereka sehingga bisa menjadi acuan saat dibutuhkannya informasi golongan darah mereka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpmp

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Nursing Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal publikasi kegiatan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan. Jurnal pengabdian masyarakat diterbitkan setiap enam bulan atau dua kali setahun. Jurnal pengabdian masyarakat diterbitkan oleh STIKES Panrita Husada Bulukumba. Penerbitan jurnal ini bertujuan ...